Posted by : Warnet ChaDos-Net Selasa, 07 Juni 2016



Peluang Usaha Warnet  memang semakin menjanjikan, lihat saja, menurut data yang dirilis oleh Kementrian Informasi (8/5/2014) pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mencapai 82 juta dimana 80 % penggunanya adalah remaja usia 15 sampai  19 tahun.

Dilihat dari kebutuhan tersebut tentu saja usaha warnet memiliki potensi keuntungan yang cukup menggiurkan, apalagi penggunaan internet secara pribadi menggunakan modem masih banyak terkendala oleh sinyal yang lemah. Wajar jika akhir-akhir ini bahkan di desa pun sudah banyak bermunculan warung internet (warnet).
 
Gambaran pertumbuhan pengguna internet di atas tentu saja tidak bisa serta merta dijadikan dasar dalam mengambil kesimpulan bahwa membuka usaha warnet memiliki peluang yang bagus, hampir sama dengan membuka toko online. Tetap saja, sebelum mendirikan usaha warung internet ini harus ada berbagai pertimbangan yang matang. Jika dilakukan dengan ceroboh bukan tidak mungkin kerugian-lah yang akan kita dapat. Lalu bagaimana jika kita ingin membuka usaha tersebut?

Persiapan yang matang adalah kunci dalam memulai sebuah bisnis, kita harus mempelajari terlebih dahulu prospek yang dimiliki berikut berbagai kelebihan dan juga kelemahan usaha yang akan kita dirikan tersebut. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika kita ingin memulai usaha ini, diantara pertimbangan tersebut kita harus memperhitungkan beberapa hal antara lain:

1. Pertumbuhan konsumen
2. Analisa persaingan
3. Analisa hambatan, tantangan dan kesulitan
4. Gambaran pendapatan dan permodalan

Meski bukan satu-satunya yang harus dipertimbangkan namun ke empat hal di atas perlu kita pikirkan dengan baik sebelum kita mulai sebuah usaha warnet. Lebih jauh mari kita lihat lebih jauh mengenai jenis usaha tersebut.

Jenis Jasa pada Usaha Warnet
Potensi penghasilan akan diketahui jika kita mempelajari mengenai jenis jasa yang bisa dijual dalam usaha ini. Untuk usaha ini kita bisa menjual lebih dari satu jasa dan produk dimana ini akan meningkatkan efektivitas modal yang kita keluarkan. Hal ini tentu juga menjadi tambahan peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari usaha ini.

Jika kita membuka usaha jasa internet ini ada beberapa peluang jasa yang bisa dijual antara lain sebagai berikut:
1. Jasa internet
2. Jasa game online
3. Jasa cetak dokumen
4. Penjualan makanan dan minuman ringan
5. Penjualan voucher pulsa, tiket, listrik

Produk jasa utama yang bisa dijual pada usaha ini adalah koneksi internet yang bisa digunakan untuk browsing dan juga bermain game online. Selain itu berdampingan dengan jasa tersebut kita juga dapat memberikan jasa print atau cetak berbagai dokumen.

Selain jenis jasa tersebut kita juga bisa menjual produk pendamping yang mendukung jasa yang diberikan. Biasanya kita bisa menyediakan produk makanan dan minuman ringan yang bisa dinikmati oleh pengunjung warnet. Kita juga bisa menggabungkan bisnis ini dengan menyediakan penjualan voucher pulsa, tiket atau bahkan loket pembayaran listrik.

Berbagai jenis produk yang bisa ditawarkan tersebut sangatlah menjanjikan untuk memaksimalkan pendapatan kita sebagai pengusaha warnet. Jika kita mampu menerapkan semua jenis produk tersebut pastinya konsumen akan lebih puas dan penghasilan yang didapat akan lebih banyak. Meski hanya dilihat dari sisi ini saja sebenarnya sudah jelas bahwa peluang sukses usaha warnet memang cukup bagus.
Potensi Penghasilan Usaha Warnet
Dari jenis produk dan jasa yang bisa ditawarkan kepada konsumen kita bisa dengan mudah memperkirakan potensi penghasilan yang bisa kita dapatkan dengan usaha ini. Bisa kita hitung sendiri, jika jasa warnet satu jamnya seharga Rp. 3.000 dengan jumlah komputer sebanyak 10 unit dan 1 komputer minimal dipakai 1 jam dalam satu hari maka dengan mudah kita dapat memperkirakan pemasukan yang bisa diperoleh.

Jika kita ingin mendapatkan gambaran secara menyeluruh maka kita bisa menghitung perkiraan pendapatan yang bisa dihasilkan. Dengan beberapa kondisi dan catatan yang sesuai asumsi atau potensi penghasilan yang bisa kita peroleh sebagai berikut:

Pendapatan Usaha
Jenis Pendapatan
Harian
Bulanan
Sewa Internet dan Game Online
240.000
7.200.000
Keuntungan Penjualan Voucher, Pulsa, Tiket, dll
15.000
450.000
Print
10.000
300.000
Keuntungan Penjualan Makanan & Minuman
20.000
600.000
Total Pendapatan

8.550.000

Biaya Usaha
Koneksi Internet (bervariasi antara 500.000 - 1.500.000
1.000.000
Pegawai
1.200.000
Biaya Supervisor & Teknisi
590.000
Sewa Tempat
1.300.000
Perlengkapan, Promosi, Telpon, Transportasi
100.000
Listrik
800.000


Total Biaya
4.990.000


Di atas merupakan contoh perhitungan potensi laba rugi dari bisnis warnet dengan jumlah komputer sebanyak 10 unit. Meski hanya bisa dijadikan bahan pertimbangan saja namun dengan contoh perhitungan di atas kita bisa memprediksi hasil yang bisa didapatkan.

Potensi penghasilan di atas tentu bisa lebih ditingkatkan dengan memaksimalkan layanan yang bisa diberikan. Tentu saja semua itu tetap dipengaruhi tingkat kebutuhan internet yang ada di daerah tempat bisnis ini didirikan.

Kemudahan dan Kesulitan Usaha Warnet
Hal tersulit dalam mendirikan sebuah bisnis atau usaha adalah saat kita harus menghadapi berbagai halangan, hambatan atau tantangan. Jika kita dapat memperkirakan berbagai kesulitan yang mungkin akan kita hadapi maka kita bisa menyiapkan strategi yang lebih baik agar kesulitan tersebut bisa dengan mudah teratasi. Untuk jenis usaha jasa warung internet ini seperti juga usaha lain tentu ada kemudahan dan juga kesulitannya.
Apa saja kemudahan menjalankan usaha ini dan apakah hambatannya?
Meski peluang sukses usaha ini cukup besar namun tentunya bukan tanpa hambatan. Mari kita lihat lebih jauh dari sisi kemudahan dan juga kesulitannya. Dari sisi kemudahan, bisnis yangakan kita buka ini memiliki beberapa kemudahan yaitu antara lain:

1. Pengelolaannya cukup mudah
2. Peluang penghasilan cukup stabil
3. Menjalankannya tidak begitu sulit
4. Tidak terlalu butuh promosi
Bisnis yang satu ini memang cenderung cukup mudah apalagi jika di dukung dengan modal yang cukup. Untuk menjalankan bisnis ini kita hanya perlu duduk menghitung waktu sewa pelanggan dan menerima pembayarannya. Bahkan untuk yang tidak memiliki kemampuan di bidang komputer dan internet pun bisa dengan mudah menjalankan bisnis ini.

Apakah bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah ini memiliki kesulitan? Tentu saja, semua bidang usaha tentu ada sisi kesulitannya masing-masing. Untuk bisnis warnet ini  ada beberapa kesulitan yang harus dihadapi yaitu sebagai berikut:

1. Modal cenderung besar
2. Biaya operasional cukup tinggi
3. Persaingan cukup besar
4. Perawatan dan perbaikan alat mahal dan hanya bisa dilakukan oleh teknisi

Kesulitan atau hambatan utama dalam bisnis ini adalah modal yang dibutuhkan cukup besar. Bisa di bayangkan, jika untuk satu unit komputer saja harus mengeluarkan modal 4 juta lebih maka berapa yang harus kita keluarkan untuk membuka usaha ini. Kalau dihitung dengan biaya gedung dan peralatan lain mungkin bisa memakan modal sekitar 50 juta lebih untuk membuka usaha ini.

Selain masalah modal sebenarnya tidak ada masalah lain yang cukup berarti, mungkin yang tidak bisa diprediksi adalah persaingan yang tentu saja bisa datang kapanpun.


Secara keseluruhan jika kita melihat berbagai pertimbangan di atas, peluang bisnis  usaha warnet memang cukup menjanjikan meski dengan kebutuhan modal yang tinggi. Bisa disimpulkan, usaha warnet adalah bisnis dengan modal besar yang untungnya besar dengan tingkat persaingan yang cukup berat.

Usaha ini adalah usaha yang cukup mudah dijalankan tetapi jika kita berniat mendirikan warnet maka hal yang harus dipertimbangkan adalah kecukupan modal, kebutuhan pemakai internet dan lokasi dan sarana yang memadai.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Entri Populer

- Copyright © WARNET CHADOS-NET - chados sangkek Templates - Powered by Chados sangkek - Designed by chados sangkek -