Posted by : Warnet ChaDos-Net Jumat, 18 November 2016

Sebanyak 60 orang perempuan Papua yang berasala dari 10  distrik di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) dilatih menenun kain. Pelatihan yang dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Sorsel. Pelatihan yang dilaksanakan di Aula P3W Kabupaten Sorsel berlangsung selama 20 hari dengan instruktur Yosina R Pulanda dari Sanggar Tenun Kain Meta Amani Kota Sorong. 
Peserta pelatihan diberikan sejumlah materi tentang tenun dasar, motif timbul dan motif ikat. Menurut Kepala BPM Kabupaten Sorsel Yohan Bodori, S.Sos pelatihan tenun kain bertujuan untuk penguatan kapasitas sumber daya kelompok perempuan Papua dan merupakan pembinaan usaha ekonomi serta dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi tepat guna. Selain itu pelatihan tenun kain tersebut juga bermaafaat untuk memberi alternatif usaha perempuan, sehingga dapat meningkatkan  kesejahteraan keluarga. Pelatihan tersebut dapat membekali perempuan Papua memiliki jiwa kewrausahan dalam mengembangkan usaha ekonomi produktif. Hasil akhir yang ingin dicapai dalam pelatihan tersebut yakni peserta pelatihan menghasilkan kain tenun asli Sorsel  yang  bermotif kain adat Suku Tehit, Imekko dan Maybrat sesuai ciri khas daerah yang berbasis potensi sumber daya kain adat di ketiga suku tersebut.
 Sementara itu Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE saat ,melihat secara langsung Pelatihan  Tenun Kain bagi kelompok perempuan Papua menjelaskan, pelatihan tersebut juga merupakan suatu mimpi yang perlu menjadi perhatian pemerintah dan harus diprogramkan  serta perlu ditingkatkan. Hal ini dikaitkan dengan budaya Kain Timur yang sudah ada sejak  turun temurun di Sorsel. Kabupaten Sorsel juga harus mampu memiliki produk kain tenun sendiri, yang memilki motif berciri khas Papua, asli dari Sorsel. Selain itu juga perlu dikembangkan dengan membentuk sebuah Sanggar Seni dan Budaya secara khusus untuk menangani tenunan kain.
 Turut mendampingi Bupati Samsudin Anggiluli melihat Pelatihan Tenun Kain antara lain Wakil Bupati Drs.Martinus Salamuk, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Hengki Gogoba, S.Sos, Plt. Kepala BPM Yohan Bodori,S.Sos serta Plt.Kepala Kantor Kesbangpol Edi Tamela, SP

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Entri Populer

- Copyright © WARNET CHADOS-NET - chados sangkek Templates - Powered by Chados sangkek - Designed by chados sangkek -