Posted by : Warnet ChaDos-Net Jumat, 02 Desember 2016

Permasalahan tanah ulayat marak terjadi di kabupaten sorong selatan. salah satu efek terbesarnya adalah sector kehutanan di teminabuan. Sering terjadinya penabangan liar disekitar tanah ulayat sudah seharusnya menjadi perhatian pemerintah, karena masyarakat adat hanya melakukan penebangan tanpa konservasi. Hal ini tentunya tidak baik untuk perkembangan sector kehutanan dan lingkungan penhijauan di masa yang akan datang. Ada 2 solusi yang bisa dipakai untuk menyelesaikan permasalahan ini. Pertama Sidang adat dalam pemilik hal wilayat, kedua agroforesty.

Sidang adat  adalah untuk mengetahui gelolaan hutan berbasis komunitas adat, kepemilikan masyarakat adat sedemikian kuatnya. Hal ini memerlukan cara ekstra dari pemerintah untuk lebih bisa membaur dengan masyarakat adat dan melakukan perubahan sedikit demi sedikit. posisi pemerintah lebih metral dengan masyarakat adat, dimana pemerintah lebih memposisikan sebagai penasihat dalam hal wilayat. Pemerintah tidak bisa mencegah masyarakat adat untuk melakukan penebangan liar ditanah ulayat mereka, tapi pemerintah bisa memberikan pengarahan kepada masyarakat adat terkait penebangan dan konservasi. Sehingga, penebangan hutan dapat berjalan lebih teratur dan bertanggung jawab dan  juga dapat meredamkan konflik ditanah ulayat. 

Agroforesty adalah proses penanaman hasil pertanian didaerah yang baru saja dilakukan penebangan. Penanaman dilakukan agar daerah yang baru saja ditebang tidak kehilangan produktifitasnya. Dengan ditanamakan produk pertanian, maka pemilik lahan akan mendapat sumber pemasukan yang baru. Cara ini tidak mematikan konservasi hutan. Karena, disela-sela pengembangan tanaman pertanian, pohon-pohon tetap ditanamkan, dengan jarak tertentu. Sehingga, dari sisi ekologis tetap terjaga, dan dari sisi produktifitas lahan tetap terjaga.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Entri Populer

- Copyright © WARNET CHADOS-NET - chados sangkek Templates - Powered by Chados sangkek - Designed by chados sangkek -