Archive for 2016-07-17

POTENSI DAERAH KABUPATEN SORONG SELATAN

Kabuapen sorong selatan berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2002 dengan ibu kota di teminabuan. secara  operasioal,roda pemerintahan di di mulai pada 6 agustus 2003 dalam jangan 10 tahun itu sorong selatan mencacat dirinya sebagai daerah otonom yang sangat pesat kemajuanya.
Secara geograsis kabupaten sorong selatan dengan luas 3.946.94 km yang terleak pada 01.00.02-30’ LS dan 131’00’BT dan berada pada ketinggian 0-1.362 meter. Daerah terendah berada di sepanjang garis pantai laut seram yang meliputi wilayah Distrik kokoda,Inawatan,Teminabuan,Metemani,kais dan seremuk. sementara daerah tertinggi berada di distrik Sawiat dan Fkour.
Ibu kota  kabupaten Sorong Selatan berada di Teminabuan  yang pada ketinggian 40 m dpl. Krakteristik kondisi kabupaten sorong selatan berfariasi melai dari dataran rendah ,rawa-rawa dan pantai ( 35 % )hingga dataran tinggi berupa pegunungan dan lereng-lereng pedalaman ( 65 % ).
Penyebaran wilayah tersebut adalah sebagai berikut  ;A : Daerah pengunungan terbesar di Distrik Sawiat dan Fkour , B : Daerah terendah berada di Distrik Teminabuan , Seremuk sebagian,wayer,Moswaren dan kokoda Utara. C :Daerah pantai dan rawa terbesar di Distrik Inawatan ,Metemani ,kais ,kokoda utara sebagian dan  sebagian seremuk.
Dataran rendan ditutupi dengan hutan yang di kombinasi oleh hutan bakau dan sagu .Hutan bakau berfunsi sebagai pencegah terjadinya erosi tanah pesisir akibat air laut juga menyediakan tempat hidup bagi berbagai binatang laut antara lain ikan,udang, dan kepiting.binatang binatang tersebut bertahun tahun di manfaatkan oleh  masyarakat pesisir sebagai ladang nafka, sampai saat ini kekayaan itu masih menyinpan potensi yang besar untuk kesejahtrakan masyarakat .
Daerah rawa di sorong selatan juga menyediakan tanah yang subur bagi pertumbuhan sagu  .Sagu dapat menjadi alternatif  bahan makanan penganti beras.Melihat potensi hutan sagu seluas 40 ribu hektar  maka dua perusahan PT. ANJAP NUNSATARA & PT.PERUM PERHUTANI  masuk untuk mengelola hasil hutan non kayu pada hutan alam sagu di wilayah Distrik Kais dan Metemani  seluas  15 ribu hektar. PT .Perhutani mencacat namanya sebagai penyediaan pangang Papua,sagu yang duluanya di buat hanya menjadi Papeda kini sagu bisa di olah menjadi beras sagu dengan kadar protein yang sangat tinggi. Selain sagu Kabupaten Sorong Selatan juga memiliki  hasil laut yang baik  .bersabung di cerita2 berikut.
By.Chados sangkek

POTENSI DAERAH KABUPATEN SORONG SELATAN

Posted by : Warnet ChaDos-Net
Kamis, 21 Juli 2016
0 Comments

Entri Populer

- Copyright © WARNET CHADOS-NET - chados sangkek Templates - Powered by Chados sangkek - Designed by chados sangkek -