Archive for 2016-11-20





Kita manusia terlahir di dunia adalah sebuah pilihan. Kita tidak akan terlahir bila kita tak meminta untuk lahir. Tetapi kita sebagai mahluk di beri sebuah kenikmatan, yaitu limitasi pengetahuan atau ketidaktahuan. Tentu kita tidak mungkin tahu kapan kita meminta kepada Pencipta untuk terlahir di dunia ini . Dengan ketidaktahuan yang kita miliki, kita akan terus berjuang untuk mencari tahu sampai ambang batas ketidaktahuan kita, proses ini bisa disebut dengan belajar. Belajar mencari tahu tentang kebenaran.

Kita mencari tahu kebenaran tersebut secara umum melalui empat sumber, yaitu agama, seni, filsafat dan ilmu pengetahuan. Dari keempat sumber tersebut bila berhasil maka akan ditemukan kebenaran, dan bila memang itu bersumber dari keempat hal tersebut, maka tidak akan terjadi gesekan. Seni yang baik tidak akan bertentangan dengan filsafat. Begitu pula dengan ilmu pengetahuan yang baik, tidak akan berlainan paham dengan ajaran agama.

Manusia memiliki nalar pikiran, dan hal itu tidak akan terbantahkan. Nalar pikiran itulah yang menjadikan manusia berbeda dengan mahluk lain, bahkan malaikat dan setan pun tidak dibekali dengan nalar pikiran. Manusia bebas memilih jalan mana yang akan mereka tempuh, berbeda dengan malaikat yang hanya tunduk mematuhi perintah penciptanya, begitu pula dengan setan sama halnya. Dari nalar pikiran itu terlahirlah ilmu pengetahuan. Dengan metode-metode yang terkemukakan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini kita tidak perlu menunggu beberapa hari untuk mendapat kabar dari manusia lain di belahan dunia yang lain. Kita bahkan bisa berkomunikasi secara langsung dengan individu lain. Tidak terpungkiri sedikitpun bahwa keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi kehidupan manusia menjadi lebih mudah.

Tapi yang perlu diingat juga, selain mempermudah kehidupan manusia, keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi juga dapat menggiring kehidupan manusia menuju kepada kehancuran yang tidak manusiawi. Contoh nyata ilmu pengetahuan membawa manusia pada kehancuran dan perpecahan adalah penemuan bom atom yang pada akhirnya di jatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki.

Ilmu pengetahuan secara otomatis (tanpa melihat ±) memajukan kehidupan masyarakat dunia. Tentu kita tidak asing mendengar tentang revolusi industri di tanah Britania dan sebagian besar negara di kawasan Eropa Barat di sekitar abad 18, yang pada akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Revolusi industri atau bisa di sebut perubahan secara radikal dari sistem produksi barang dan jasa yang mulanya menggunakan tenaga manusia, di gantikan dengan tenaga mesin buatan manusia. Revolusi industri merupakan lompatan terbesar dalam sejarah perkembangan manusia.

Faktor dari lahirnya revolusi industri itu sendiri adalah munculnya para ilmuwan salah satunya Galileo Galilei di sekitar abad 16, terbentuknya lembaga-lembaga riset seperti The Royal Society of England. Faktor lain adalah ketahanan dalam negeri Inggris, wiraswasta yang berkembang, serta jajahan Inggris yang kaya akan sumber daya alam. Secara gamblang sudah tersampaikan bagaimana keadaan perekonomian dan kehidupan masyarakat saat itu. Perkembangan ilmu pengetahuan berbanding lurus dengan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat pada saat itu.

Baik, mari kita sekarang menilik keberadaan perpustakaan di era itu, pada awal sebelum mengenal kertas, manusia menggunakan batu, kulit binatang dll sebagai media tulis. Pada saat itu, keberadaan perpustakaan belum dapat dikatakan perpustakaan seperti saat ini. Pada abad 15 sebenarnya telah ditemukan mesin cetak oleh Johannes Gutenberg di Jerman. Akan tetapi itu sangat membutuhkan waktu yang lama. Keberadaan mesin cetak di kembangkan sampai sekitar abad 16, yang mampu mencetak ratusan lembar dengan waktu yang singkat. Pada saat inilah keberadaan perpustakaan berkembang pesat dan terisi oleh koleksi dan buku cetak. Sebenarnya perkembangan perpustakaan dari zaman dahulu sampai sekarang bisa di katakan bertujuan persis dengan tujuan masyarakat. Karena perpustakaan memang merupakan hasil ciptaan masyarakat. Contohnya adalah salah satu perpustakaan di abad 8-9  di Bagdad yang didirikan Al-Makmun untuk tujuan riset dan lembaga studi karya-karya Yunani. Melihat contoh tersebut, sudah sangat jelas bahwa keberadaan perpustakaan terbagi sesuai tujuan masyarakatnya. Yang mana pada saat itu kebanyakan masyarakat bertujuan mempelajari ilmu pengetahuan dan karya-karya dari masa sebelumnya.

Kita kembali ke masa sekarang, dengan hegemoni perkembangan IT yang begitu mengagumkan dan sambutan masyarakat yang begitu besar, keberadaan perpustakaan menurut penulis sangat mengkhawatirkan. Walaupun perpustakaan sekarang juga mengalami pengembangan, tapi lagi-lagi menurut pandangan penulis, efek dari perkembangan IT dan tak dibarengi dengan positioning perpustakaan yang tepat. Perkembangan perpustakaan dari sisi kelembagaan memang telah dibagi atau dikelompokan sesuai dengan jenis koleksi, kebutuhan pemustaka, dan lokasi keberadaan, atau yang lazim disebut perpustakaan khusus dan umum.

Kita ambil jenis perpustakaan khusus, perpustakaan yang mana diciptakan untuk pengguna tertentu,misal perpustakaan perguruan tinggi yang jelas untuk mendukung kebutuhan pemustakanya, mahasiswa. Namun bagaimana tingkat penggunaan informasi dari perpustakaan dan media informasi lain oleh pemustaka? Apakah keberadaan perpustakaan unggul? Kita lihat tool yang mahasiswa miliki, untuk mencari informasi bahkan referensi, hanya dengan duduk manis dimanapun berada, mereka dapat menemukan apa yang dibutuhkan. Bahkan untuk tugas-tugas perkuliahan sudah sangat lazim dicari tanpa melalui keberadaan perpustakaan. Padahal keberadaan informasi di media lain (internet) banyak terdapat sumber yang tidak jelas, tidak valid, bahkan sampah.

Pemaparan di atas, penulis merasa bahwa hegemoni perkembangan IT dan kemajuan masyarakat telah memposisikan perpustakaan di dalam keadaan stagnan. Walau sebenarnya perpustakaan juga berkembang, bahkan perpustakaan menyediakan versi-versi sesuai kebutuhan pemustaka dalam wujud perpustakaan khusus, dalam tulisan ini penulis pilih perpustakaan perguruan tinggi.

Perkembangan IT  memberi dampak yang begitu signifikan dalam proses kemajuan masyarakat, memberi kemudahan-kemudahan dalam memperoleh informasi dan lain sebagainya, akan tetapi imbas yang didapat perpustakaan tak berbanding lurus dengan kemajuan masyarakat (pemustaka). Apabila keadaan seperti ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin keberadaan perpustakaan semakin tertinggal. Pengelompokan perpustakaan saja tidak akan cukup guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Dalam tipologi perpustakaan, pengelompokan perpustakaan menjadi perpustakaan khusus dan umum sebenarnya sudah baik, akan tetapi untuk mengatasi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan mobilitas masyarakat yang masif, perpustakaan perlu lebih serius dalam mengembangkan standar pelayanan informasi.
Menurut penulis, bila dengan keadaan yang apaadanya, bukan tidak mungkin keberadaan perpustakaan akan tergeser oleh kemajuan zaman. Terutama perpustakaan khusus dalam hal ini perpustakaan perguruan tinggi, karena pemustaka di perpustakaan perguruan tinggi merupakan pioner-pioner bangsa. Memang sudah ada beberapa perpustakaan yang telah mengunggah koleksi ke dalam jaringan, akan tetapi dari beberapa upaya penelusuran masih tergolong rumit dan terbatas.

Selama perpustakaan tidak mau lebih berkembang, dapat dipastikan keberadaan perpustakaan akan terus dibelenggu oleh kemajuan IT dan tidak mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Perpustakaan perguruan tinggi harus lebih menggenjot standar pelayanan kepada pemustaka, agar perpustakaan memiliki daya tarik, yang berimbas pada para pemustaka lebih tertarik dalam menggunakan jasa perpustakaan sebagai sumber referensi dan informasi.

Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi

Posted by : Warnet ChaDos-Net
Jumat, 25 November 2016
0 Comments


KEMAJUAN MASYARAKAT SORONG SELATAN DI UKUR  DARI IPTEK

Ukuran kematangan dan  keberhasilan di Kabupaten Sorong selatan terlihat dari kemajuan masyarakat. Selain itu, keberhasilan dari fisik pembangunan yang saat ini telah dicapai, baik membuka isolasi di daerah-daerah  kampung maupun distrik (kecamatan) serta di wilayah pesisir sampai pedalaman dalam bentuk pembangunan jalan dan jembatan.


Dengan demikian, ibukota kabupaten di Teminabuan pada masa yang akan datang akan nampak tertata dan terbentuk menjadi pusat Pemerintahan Kabupaten Sorong selatan yang strategis, dan sekaligus sebagai  aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat. Karena itulah,  arah dan kebijakan pembangunan  terus berkesinambungan dalam membentuk kebijakan perencanaan wilayah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah  di bidang pembangunan infrastruktur, sosial,  ekonomi yang memadai dan positif  bagi kemajuan masyarakat.


“Perlu dipedomani  berbagai terobosan dan kebijakan dimana langkah yang ditempuh saat ini, yaitu terfokus pada penataan pemerintahan distrik dan kampung  serta meningkatkan pembangunan bidang infrastruktur, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menaikan pendapatan masyarakat,”


Karena  itu, diharapkannya untuk mendorong berbagai sektor yang unggul di daerah ini. Hal itu terutama bidang warnet, dalam usaha masyarakat, dengan memanfaatkan kota Teminabuan dalam sektor usaha dan jasa melalui jaringan internet untuk mendorong dan mengupayakan terpeliharanya kemajuan yang terus berkesinambungan  di masa masa yang akan datang.

KEMAJUAN MASYARAKAT SORONG SELATAN

Posted by : Warnet ChaDos-Net 0 Comments



KISRUH PEMILIHAN KETUA BAPERKAM DI TEMINABUAN


Kabupaten sorong selatan memiliki 11 distrik dan 4 kelurahan dan berbagai  kampung di dalamnya,aibobor ( skendi )  salah satu  dari sekian kampong yang terdapat di kabupaten ini. Kampung skendi lebih akrapnya terletak di distrik teminabuan dan memiliki RT 01 Dan RT 02 ,penduduknya berjulah 425 jiwa, kampung ini sedikit unik karna yang akan jadi kepala kampong itu harus yang berlatar belakan pribumi


Di tahun 70 an sampai tahun 2000 an itu yang menjadi  kepala kampung sudah pasti marga yang di lihat pribumi setempat,sekian lama di pimpin oleh marga yang berlatar pribumi itu dig anti karna ia telah berstatus PNS,  akhirnya skretaris kampung di di tunjuk jadi PJS kampung Skendi dan bukan semarga dari pribumi . ada surat masuk dari Distrik teminabuan bahwa Baperkam kampung yang lama itu harus diganti dengan Bapekarkam yang baru agar mereka mereka yang akan memfasilitasi pemilihan kepala kampung yang definitive.PJS kampung mengeluarkan undangan sebanyak tiga kali, kali pertama dan kedua tidak begitu banyak orang yang hadir dalam undangan rapat di maksud.


Pada undangan ketika yang di keluarkan oleh PJS kampung skendi mulai rapat jam 03 sore tapi  terjadi penguduran waktu hingga jam 06 sore , yang terlihat saat itu hanya beberapa orang yang ada di sekitar balai kampung Aibobor.Karna terkait waktu maka PJS membuka acara   rapat akan di mulai dan PJS juga menawarkan untuk para undangan yang hadir bahwa rapat tetap berjalan atau di batalkan saja terkait jumlah orang yang hadir saat itu. Tapi para undangan bersepakat untuk tetap melangjutkan rapat pemilihan ketua baperkan baru dan mekanismenya lima orang di ajukan sebagai calon.



Ada lima nama yang di ajukan pada saat itu dua nama dari RT 01 dan tiga nama dari RT 02,sistim pemilihan akan bedasarkan daftar nama yang hadir pada saat maka terjadi perdebatang yang saat lama karna yang di ada bukan orang yang hadir dalam rapat itu tapi yang di rumahpun di data masuk sebagai pemilih. Kisruh akhirnya terjadi karna ada beberapa orang mempersalahkan mereka mereka yang datang di malam hari itu , mereka bersekukuh bahwa undangan sudah tiga kali di bagi dan kali ketiga kenapa mereka tidak datang tepat waktu. Ini mau pemilihan baru mereka tiba tiba munjul dari rumah rumah mereka , apa maksud di balik ini.  Ternyata dari kenyataan yang ada di tahun tahun sebelumnya ketua baperkan itu di ambil dari golongan tertentuk dan berdampak pada maksud yang telah di rangcan . bagaimana tidak setiap dana yang masuk di kampung ini  secara diam diam mereka atur untuk kepetingan kelompok orang tertentu dan bukan untuk semua golongan yang ada dalam kampung skendi ,akhirnya rapat saat itu di batalkan dan di serahkan sepenuhnya pada distrik untuk menunjuk satu dari kelima nama yang di ajukan

KISRUH PEMILIHAN KETUA BAPERKAM DI TEMINABUAN

Posted by : Warnet ChaDos-Net
Kamis, 24 November 2016
0 Comments
POTENSI KALI KEMBIRA TEMINABUAN
Kabupaten Sorong Selatan memiliki potensi wisata alam cukup menarik,  karena didukung dengan tutupan hutan tropis yang cukup lebat serta  kaya akan keanegaraman hayati berupa tumbuh-tumbuhan, hewan dan jenis mamalia lainya.
Karena memiliki daerah topografi, sudah barang tentu daerah ini kaya akan keanekaragaman hayati yang cocok bagi mereka yang berhobi  penjelajah hutan tropis untuk menikmati apa yang tersedia disana seperti mengamati tumbuhan, menonton burung, memancing dll. Namun, dari sejumlah potensi wisata yang ada, takkalah penting beberapa obyek wisata seperti kali/sungai menjadi perhatian tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Sorong Selatan serta masyarakat atau pengunjung yang berkunjung ke Sorong Selatan. Beberapa lokasi wisata kali/sungai menjadi pusat pengunjung seperti Kali Kembira
Ada beberapa obyek wisata kali/sungai biasanya  ramai di kunjungi yaitu Kali Sembra dan Kali Panta Kapal sembra dan sasnek. Ditempat lain atau dilokasi obyek wisata kali/sungai juga terdapat pengunjung yang saya jumpai sewaktu saya mengelilingi mencari tempat yang baik dan nyaman untuk mandi. artinya bukan berarti tempat lain tidak nyaman.
 
Sudah tidak tahan dengan beberapa jam berkeliling akhirnya sampai juga di kali sembra Sambil yang kami jumpai pada saat itu juga banyak pengunjung yang datang untuk bersantai dan menikmati sejuknya udara dan jernihnya air. Saya dan beberapa teman yang sudah kepansan saat berkeliling  lansung menyeburkan diri kedalam air, kami berenang menyebrangi kali, sesekali menyelam untuk beberapa menit sambil menikmati dinginya air.  Beberapa teman yang sudah kecapaian beristirahat dibawah rerimbunan pohon sambil menikmati udara segar dan menyantap bekal makan siang yang kami bawah. sesekali suara burung kakatua terdengar di telinga kami, dan beberapa teman memberi sisa makanan pada ikan-ikan kecil yang ada di kali Kembira.
 
Untuk menjangkaui beberapa tempat yang ada, dengan mudah anda bisa menggunakan kendaraan roda dua (ojek) atau roda empat dengan ongkos yang tidak terlalu mahal. sebab lokasi obyek wisata tersebut berada dalam pusat ibu kota Kabupaten Sorong Selatan. bagi mereka yang tinggal jauh/tidak di kabupaten sorong selatan bisa menggunakan pesawat melalui sorong semua maskapai penerbangan tersedia untuk setiap saat. bila anda sudah berada di sorong anda bisa mengikuti mobil  yang berada di pasar bersama kota sorong. dengan jarak tempuh hingga di teminabuan 4 jam perjalanan. pesawat udara yang digunakan untuk penerbagan ke teminabuan seminggu 2 kali hari rabu dan jumat.

POTENSI KALI KEMBIRA TEMINABUAN

Posted by : Warnet ChaDos-Net 0 Comments


Kabupaten Sorong Selatan merupakan kabupaten  pemekaran  yang memiliki potensi wisata alam cukup baik,  karena didukung dengan tutupan hutan tropis yang cukup lebat serta  kaya akan keanegaraman hayati berupa tumbuh-tumbuhan, hewan dan jenis mamalia lainya. keanekaragaman hayati ini tersebar di topografi yang berbeda mulai daerah yang tinggi dan daerah rendah/pantai

Karena memiliki daerah topografi, sudah barang tentu daerah ini kaya akan keanekaragaman hayati yang cocok bagi mereka yang berhobi  penjelajah hutan tropis untuk menikmati apa yang tersedia disana seperti mengamati tumbuhan, menonton burung, memancing dll. Namun, dari sejumlah potensi wisata yang ada, takkalah penting beberapa obyek wisata seperti kali/sungai menjadi perhatian tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Sorong Selatan serta masyarakat atau pengunjung yang berkunjung ke Sorong Selatan. Beberapa lokasi wisata kali/sungai menjadi pusat pengunjung seperti Kali Sembra, Air Terjun Kohoin, Panta Kapal, dan Kali Wermit,sasnet

Dari beberapa obyek wisata kali/sungai biasanya yang ramai di kunjungi yaitu Kali Sembra dan Kali Panta Kapal. namun ditempat lain atau dilokasi obyek wisata kali/sungai juga terdapat pengunjung yang kami jumpai sewaktu kami mengelilingi mencari tempat yang baik dan nyaman untuk mandi. artinya bukan berarti tempat lain tidak nyaman.
sudah tidak tahan dengan beberapa jam berkeliling akhirnya sampai juga di kali sembra Sambil yang kami jumpai pada saat itu juga banyak pengunjung yang datang untuk bersantai dan menikmati sejuknya udara dan jernihnya air. Saya dan beberapa teman yang sudah kepansan saat berkeliling  lansung menyeburkan diri kedalam air, kami berenang menyebrangi kali, sesekali menyelam untuk beberapa menit sambil menikmati dinginya air.  Beberapa teman yang sudah kecapaian beristirahat dibawah rerimbunan pohon sambil menikmati udara segar dan menyantap bekal makan siang yang kami bawah. sesekali suara burung kakatua terdengar di telinga kami, dan beberapa teman memberi sisa makanan pada ikan-ikan kecil yang ada di kali sembra.

Untuk menjangkaui beberapa tempat yang ada, dengan mudah anda bisa menggunakan kendaraan roda dua (ojek) atau roda empat dengan ongkos yang tidak terlalu mahal. sebab lokasi obyek wisata tersebut berada dalam pusat ibu kota Kabupaten Sorong Selatan. bagi mereka yang tinggal jauh/tidak di kabupaten sorong selatan bisa menggunakan pesawat melalui sorong semua maskapai penerbangan tersedia untuk setiap saat. bila anda sudah berada di sorong anda bisa mengikuti mobil  yang berada di pasar bersama kota sorong. dengan jarak tempuh hingga di teminabuan 4 jam perjalanan. pesawat udara yang digunakan untuk penerbagan ke teminabuan seminggu 2 kali hari rabu dan jumat.

KALI SEMBRA TEMINABUAN

Posted by : Warnet ChaDos-Net 0 Comments

Entri Populer

- Copyright © WARNET CHADOS-NET - chados sangkek Templates - Powered by Chados sangkek - Designed by chados sangkek -