Archive for 2018-02-25

 Kampung Sungguer, Distrik Wayer

TEMINABUAN. Kabupaten Sorong Selatan memiliki hasil kerajinan tangan yang menjadi ciri khas di daerahnya. Salah satu kampung yang membuat kerajinan ini adalah Kampung Sungguer, Distrik Wayer yang berjarak sekitar 7 Km dari Kota Teminabuan. 

Hasil kerajinan tangan tersebut terbuat dari kulit kayu yaitu noken (tas khas Papua), topi, baju, map dan hiasan kepala yang terbuat dari bulu burung Kasuari. Harga yang ditawarkan cukup bervariatif, mulai dari Rp. 50.000,00 – Rp. 1.000.000,00.

Kerajinan tangan ini dibuat sendiri oleh ibu-ibu penduduk asli Kampung Sungguer. Pembeli kerajinan tangan ini kebanyakan adalah dari wisatawan lokal yang berasal dari Kota Sorong dan sekitarnya. Namun ada pula pembeli yang berasal dari luar negeri seperti India dan Negara lain yang berkunjung ke kampung tersebut.(CS)

Kabupaten Sorong Selatan memiliki hasil kerajinan tangan

Posted by : CHADOS SANGKEK
Rabu, 28 Februari 2018
0 Comments

Gereja Tua merupakan salah satu bangunan tua yang terdapat di Kampung Konda, Distrik Konda, Kabupaten Sorong Selatan. Bangunan tersebut berjarak sekitar 15 Km dari Teminabuan. Untuk sampai di daya tarik wisata ini, hanya dapat melalui jalur laut dengan menyewa speedboat ataupun longboat.

 Di kampung ini terdapat dermaga kecil untuk memarkirkan kapal. Dari dermaga, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri kampung sejauh kurang lebih 200 meter. Gereja Tua berada di tengah-tengah perkampungan penduduk Kampung Konda. Di kampung ini masih terdapat rumah-rumah tradisional yang berbentuk rumah panggung yang dindingnya terbuat dari kayu.

Gereja Tua dibangun pada tahun 1862 pada masa penjajahan Belanda. Gereja ini memiliki tata bangunan yang sederhana dengan beratapkan bahan tradisional yaitu daun dari pohon sagu, sehingga membuat Gereja Tua ini tetap unik jika dipandang dari kejauhan. Gereja yang usianya sudah ratusan tahun ini masih digunakan untuk kebaktian setiap hari Minggu oleh penduduk sekitar yang beragama Kristen.

Di samping Gereja terdapat sebuah makam pendeta yang membangun Gereja tersebut. Secara keseluruhan bagian luar Gereja Tua ini cukup rapi, rumput-rumput di halaman Gereja tidak terlalu tinggi dan terlihat terawat dengan baik.(CS)

gambar gereja-tua-konda kabupaten sorong selatan


gambar gereja-tua-konda kabupaten sorong selatan

Posted by : CHADOS SANGKEK 0 Comments

Jenazah ditemukan warga kampung
Sribau ,saat berjalan pagi hari, Sabtu  (13/02/2018) sekitar pukul 05.00 Wit . Jenazah pria bertubuh pendek  itu di duga di bunuh kemudian di biarkan malam harinya.

Saat ditemukan, tubuh pria tersebut sudah kaku. Bagian  kepala kana dan kiri terlihat bekas potong benda tajam, terlihat juga beberapa luka gores  di bagain wajah. Korban di ketehui bernama YORDAN ATHABU, Warga kampung Wayer Distrik Wayer yang tewas di bunuh.  

Mayat pria itu di evakuasi ke RSUD Keyen untuk penyelidikan kepolisian, atas motiv terbunuhnya YORDAN ATHABU itu. ( C,S)



Jenazah ditemukan warga kampung Sribau

Posted by : CHADOS SANGKEK
Selasa, 27 Februari 2018
0 Comments

Strategi pembangunan Kabupaten Sorong Selatan
Strategi pembangunan dan  langkah-langkah dari setiap isu program pemerintahan.

Kesehatan
Meningkatkan pelayanan Kesehatan merupakan pelaksanaan dari sasaran pelayanan kesehatan yang bermutu.melalui kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat Sorong Selatan. Pelayanan bermutu adalah pelayanan kesehatan yang memuaskan sesuai dengan standar  dan etika pelayanan kesehatan yang dijangkau oleh lapisan masyarakat.

Pendidikan
Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dengan pendekatan Prfofesionalisme Guru dan Pendidikan Murah yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia guna menciptakan generasi unggul, berkompetensi, mandiri dan berdaya saing. Merealisasikan anggaran pendidikan 20%; membangun sekolah unggulan.

 Peningkatan kualitas jangkauan pelayanan pendidikan dengan mendorong masyarakat untuk menyekolahkan anaknya sampai pada jenjang pendidikan tinggi. Selain itu, pengembangan pendidikan kejujuran untuk menghasilkan mutu yang mempunyai keahlian dan ketrampilan untuk memenuhi pembangunan di berbagai bidang di Kabupaten Sorong selatan ke depan harus memprioritaskan pemenuhan kualitas SDM di dukung dengan program dan kegiatan daerah yang mampu kerja sama dengan pemerintah pusat.

infrastruktur
meningkatkan kualitas infrastruktur di Kabupaten Sorong Selatan merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan aspek penting untuk meningkatkan pelayanan publik. Transportasi merupakan tulang punggung distribusi sehingga perlu dipenuhi untuk meningkatkan produktifitas.
sarana permukiman seperti air minum dan sarana perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Ekonomi
Perekonomian daerah yang mandiri berbasis sumberdaya lokal. adalah peningkatan produktifitas, pendapatan, dan daya beli masyarakat melalui  ketrampilan yang memacu etos wirausaha. Memberikan peluang dan akses dalam meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat. dengan dukungan investasi modal dapat meningkatkan percepatan pembangunan.

Pemerintah daerah menjalin kemitraan dengan berbagai pihak di anggap potensial, mulai dari sektor pertambangan migas, pertanian, perikanan dan kelautan, kehutanan.
Semakin banyak lapangan kerja, maka pendapatan dan daya beli masyarakat pun meningkat sehingga akan terjadi peningkatan kemampuan masyarakat membayar pajak dan retribusi unrtuk pemerintah daerah.(CS )


Strategi pembangunan Kabupaten Sorong Selatan

Posted by : CHADOS SANGKEK 0 Comments
KISAH SI PEMECAH BATU
DI KAMPUNG SKENDI KABUPATEN SORONG SELATAN

Di Kampung Skendi hidup Seorang pemuda perangtauan yang tinggal seorang diri dan jauh dari sanak saudaranya. pemuda ini menjalani kehidupanya seorang diri tanpa memita bantuan pada tetanga yang hidup berdekatan dengan rumahnya.

Dengan memiliki tenaga yang masih kuat si pemuda membuat gubuk kecil dengan Lebar 4 ( empat) meter dan Panjang 5 ( lima) meter) tahun 2011 ,saat si pemuda ini membuat gubuknya tak seorangpun tetanga yang datang membatunya.

Pemuda ini dengan sabar ia membuat gubuk dan tak lama kemudian jadilah gubuk impian yang ia kerjakan .awalnya si pemuda ini tak memiliki tempat tinggal dikampung Skendi . Tahun 2011 ia tinggal digua batu selama 8 bulan, motivasi inilah ia membuat gubuknya.

Hari-hari si pemuda ini melakukan aktifitasnya memecah batu,dibawah terik mata hari yang panas satu dua bunyi betel si pemuda itu ,Batu pecah sedikit demi sedikit . 5 (Lima) tahun kemudian tempat dimana si pemuda memecah batu itu menjadi rata dengan Lebar 9 meter dan Panjang 16 meter.

Ada keinginan si pemuda ini untuk mencari pekerjaan yang lebih layak dari pada menjadi si pemecah batu .Tapi apa mau dikata, ia hanya seorang perangtauan yang tak memiliki keluarga disisi birokrasi dan eksikutif sehingga ia tak mendapatkan pekerjaan.

Betel dan martelu menjadi teman disaat ia ingin mengatakan sesuatu”   ada harapan si pemuda ini bawah suatu hari nanti di ujung Martelu ia menjadi sosok yang dicari banyak orang.

Harapan itu menjadi kenyataan di tahun 2016 pemuda ini membuka usaha warnet dengan bermodal memecah batu. selama 5 ( Lima) tahun si pemuda ini mengumpulkan modal. Satu persatu sperpard komputer ia belikan dan bermodal kesing rusak yang ia dapatkan dari tempat besi tua maka berlahan ia merakit CPU 15 unit dan sisa modal ia membelikan layar monitor.

Pengetahuan merakit dan memasang jaringan , si pemuda mendapatkannya di warnet dan buku-buku panduan . Membaca telah menjadi bagian dari hidup sebab kata si pemuda ini ( Sekolah Boleh Berakhir di jenjan tertentu Tapi Membaca Tak Pernah Berakhir ) itulah motivasi pemuda si pemecah batu.

Ketika ia menjaga warnet disitulah namanya mulai di kenal banyak orang akan pengetahuan yang ia miliki. Setiap orang yang datang bertemu dengan si pemuda ini dengan membawa komputer/laptop untuk instal,gantikan manibrod,dan masukan Software yang mereka butuhkan. Ada juga yang datang membawa Hp untuk membuka pola yang terkunci, masukan game,Dll

Kini banyak tawaran kerja yang datang namun si pemuda ini tidak tergiur akan tawaran itu,ia lebih menyukai dunia Software dan hawser. Di balik cerita di atas benar-benar kisah nyata dari si pemecah batu yang bernama Chados.sangkek

AKHIR KATA

“Jadikan tulisan sebagai krakter hidup untuk mengabadikan setiap kehidupan yang kamu lalui”

kisah hidup di sorong selatan

Posted by : CHADOS SANGKEK 0 Comments

Entri Populer

- Copyright © WARNET CHADOS-NET - chados sangkek Templates - Powered by Chados sangkek - Designed by chados sangkek -